Sabtu, 07 Januari 2012

Pembentukan Karakter dan budaya siswa melalui kegiatan Jum'at Bersih



Jumat Bersih merupakan salah satu kegiatan pengembangan budaya dan lingkungan di sekolah. Setiap hari jumat jam 07.00 – 08.00 semua warga sekolah, guru dan peserta didik membersihkan lingkungan sekolah. Kelas, taman, kantor dan hallre serta seluruh ruangan di sekolah, secara rutin dibersihkan. Kegiatan ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, tetapi juga membiasakan peserta didik untuk hidup bersih, sehat dan cinta lingkungan. 
Pengembangan karakter dan budaya dalam hal ini sangat perlu diperhatikan. Pembiasaan hidup bersih dan sehat perlu ditanamkan kepada peserta didik sedini mungkin. Kelak dikemudian hari akan menjadi sosok manusia dewasa yang berkarakter tertib dalam berkehidupan yang sehat dan bersih. Terkadang pembiasaan ini terkendala dengan kebiasaan yang berbeda saat mereka di rumah. Orang tua mereka tidak begitu memperhatikan kebersihan di rumahnya. Di rumah juga kurang memperhatikan kesehatan dan keindahan. Siswa tidak pernah menyapu rumahnya, membantu membersihkan halaman, dan berkebun. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya juga tidak pernah diajarkan oleh orang tuanya. 
Ini menjadikan sebuah tantangan bagi sekolah, sehingga diperlukan program pembentukan karakter peserta didik yang berwawasan lingkungan, berkepribadian sehat, cinta lingkungan dan berbudaya tertib serta hidup bersih.
Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar